Asap Membuat Bandara Pekanbaru Lumpuh Total, 78 Penerbangan Dibatalkan

1486 hari    22-10-2015    Oleh : ilham


Pekanbaru, - Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru lumpuh total berturut-turut selama tiga hari ini. Jadwal penerbangan sebanyak 78, seluruhnya dicancel karena pesawat tak bisa mendarat, imbas asap pekat.

"Terakhir pukul 21.00 WIB, maskapai Lion yang berharap jarak pandang membaik ternyata tidak. Akhirnya, 78 penerbangan hari seluruhnya batal total," kata OIC Bandara SSK II Pekanbaru, Hasnan Siregar SE kepada detikcom, Rabu (21/10/2015) malam ini.

Hasnan menjelaskan, kondisi asap pekat sejak pagi hingga siang, tak begerak di jarak pandang 500 meter. Sore hingga malam ini kondisi semakin jarak pandang cuma 300 meter.

"Minimal untuk pendaratan jarak pandang harus 1 Km. Tapi seharian jarak pandang di bawah normal," terang Hasnan.

Menurutnya, ini merupakan hari ke tiga secara berturut maskapai tak bisa mendarat. Padahal sepekan sebelumnya, Bandara SSK II sempat normal ketika asap menipis.

"Tapi sudah tiga hari ini asap terus memburuk. Banyak calon penumpang yang kecewa, tapi mau bagaimana lagi, memang pesawatnya yang tak bisa mendarat," kata Ibnu.

Sementara itu, dengan tidak bisa mendaratnya pesawat di Pekanbaru, banyak calon penumpang yang harus mendarat di Bandara Minang Kabau di Sumatera Barat (Sumbar).

"Kemarin saya dari Jakarta terpaksa naik pesawat dengan rute ke Padang, karena di Pekanbaru tak bisa mendarat. Dari Padang saya harus naik bus lagi ke Pekanbaru, dan lumayan capek perjalanan hampir 9 jam," ujar Indra Surbekti (45) warga Pekanbaru.
(cha/ega)

Berita Terkait

Arsip Berita