KLHK Raih Juara Pertama Unit Kearsipan Kementerian Terbaik Tingkat Nasional

82 hari    25-04-2019    Oleh :


Makassar, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Kamis, 25 April 2019. KLHK meraih ANRI Award 2019 sebagai Juara Pertama Unit Kearsipan Kementerian Terbaik Nasional tahun 2019. Penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) ini diterima langsung oleh Menteri LHK, Siti Nurbaya di Macora Ballroom The Rinra Hotel Makassar, Sulawesi Selatan, (25/4).

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Syafruddin sebagai koordinator lembaga ANRI yang hadir pada acara itu mengucapkan selamat atas prestasi KLHK tersebut dan juga atas kepemimpinan Menteri Siti di KLHK.

"Selamat kepada KLHK yang telah merebut Juara Pertama ANRI Award 2019 Kategori Kementerian, saya rasa ini sangat pantas karena beliau Menteri Siti Nurbaya memang lama bergelut di dunia birokrasi," ujar Syafruddin.

Syafruddin menambahkan bahwa sebuah bangsa yang besar bisa dikenal dan dihargai salah satunya karena dokumen-dokumen kearsipannya yang ditata dengan baik. Karena data kearsipan yang baik dapat menjadi catatan sejarah atau historis yang menjadi sumber pelajaran bagi perkembangan bangsa kedepan.

Ditegaskan juga oleh Syafruddin bahwa persoalan kearsipan saat ini masih dianggap remeh, namun di era digital teknologi sekarang ini, inovasi perbaika tata kelola kearsipan pemerintah berbasis elektronik menjadi mutlak kewajiban bukan hanya sekedar pilihan lagi.

Untuk mendukung tata kelola kearsipan pemerintah berbasis elektronik, KLHK telah melakukan banyak inovasi kearsipan dengan bentuk otomasi sistem, yaitu dengan mendorong Unit-unit Eselon I untuk membangun dan mengembangkan teknologi informasi dan komunikasi, yang beberapa hasilnya, seperti: SIK, PTSP LHK, SIMONTANA, Jaringan Dokumentasi Kawasan Hutan (JDKH), Database Hasil Penelitian dan Pengembangan, SKE, Wisata Alam, dan lain sebagainya.

KLHK sendiri dalam mendapatkan Juara Pertama Unit Kearsipan Kementerian Terbaik Nasional tahun 2019 ini melalui proses penilaian yang cukup kompleks oleh lembaga Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), yaitu sejak tanggal 29 Januari s.d 16 April 2019. Penilaian ini dilakukan 3 tahap, yaitu: pengisian instrument/kuesioner, verifikasi oleh Tim ANRI, dan Presentasi. Unsur-unsur yang dinilai meliputi: Dukungan Kebijakan Kearsipan, Pembinaan Unit Kearsipan, Pengelolaan Arsip Dinamis, Kualitas dan Kuantitas Sumber Daya Manusia Kearsipan, dan Kelengkapan Sarana dan Prasarana Kearsipan.

Unit kearsipan KLHK dinilai telah melakukan upaya terbaik untuk merekam semua arsip dari KLHK dengan prosedur, tata laksana dan dasar hukum yang baik dan lengkap. Dengan anggota, yaitu 1 orang Pejabat Struktural Eselon IV, 89 orang fungsional arsiparis, 4 orang calon fungsional arsiparis, serta Penata Usaha Arsip yang ada di unit kerja Eselon III Pusat dan Daerah berjumlah 632 orang, unit kearsipan KLHK mampu memberikan yang terbaik bahkan diantara 34 Kementerian di Indonesia.

Kegiatan ANRI Award merupakan salah satu agenda rutin yang diselenggarakan oleh ANRI. Kali ini penyelenggaraan kegiatan juga dalam rangka peringatan Hari Kearsipan ke-48. Pemberian ANRI Award bertujuan untuk menciptakan nuansa kompetisi yang sehat, sehingga terwujud kualitas penyelenggaraan kearsipan yang semakin baik kedepannya.

Hadir dalam acara ini Gubernur Sulawesi Selatan, Sekretaris Jenderal dan Sekretaris Utama Kementerian/Lembaga serta para pejabat pengelola kearsipan baik dilevel Provinsi maupun Kabupaten/Kota.


sumber:  https://ppid.menlhk.go.id/siaran_pers/browse/1879

Berita Terkait

Arsip Berita