PM Najib Serukan Indonesia Menindak Perusahaan Pembakar Hutan

1505 hari    22-10-2015    Oleh : ilham


Kuala Lumpur, - Perdana Menteri (PM) Malaysia Najib Razak menyerukan pemerintah Indonesia untuk menindak pihak-pihak yang bertanggung jawab atas kebakaran hutan, yang telah menyebabkan kabut asap di Asia Tenggara selama berminggu-minggu.

Seruan ini disampaikan Najib di tengah penutupan sekolah-sekolah di Malaysia akibat tebalnya kabut asap dari Indonesia.

"Mereka (perusahaan perkebunan) beroperasi di sana, kami ingin Indonesia mengambil tindakan," kata Najib seperti dikutip kantor berita resmi Malaysia, Bernama dan dilansir AFP, Senin (10/5/2015).

"Hanya Indonesia yang bisa mengumpulkan bukti dan mendakwa perusahaan-perusahaan bersangkutan," imbuh pemimpin negeri Jiran itu.

Malaysia memerintahkan penutupan sekolah selama dua hari, mulai Senin hingga Selasa, 5-6 Oktober, di hampir semua wilayah karena tebalnya asap di negara tersebut. Semua kegiatan belajar-mengajar diliburkan kecuali di negara bagian Kelantan, Sabah, dan Serawak.

Setidaknya lima kawasan di Malaysia memberlakukan status "sangat tidak sehat" dan satu daerah menyebut polusi udara ini sudah pada "tingkat berbahaya".

Menteri Pendidikan Mahdzir Khalid kepada kantor berita AFP mengatakan, ada risiko ancaman kesehatan jika tetap memaksakan anak-anak untuk masuk sekolah.
(ita/ita)

Berita Terkait

Arsip Berita