Dua Tokoh Wanita Indonesia, Siti Nurbaya dan Tri Rismaharini bertemu membahas KBS dan TPA Surabaya

498 hari    07-03-2018    Oleh : ilham


Jakarta, - MENTERI Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya dan Walikota Surabaya Tri Rismaharini, melakukan pertemuan di Jakarta pada hari Selasa, 6 Maret 2018 lalu. Pertemuan tersebut mendapat respon positif dari netizen. Tak sedikit yang memberi pujian pada sosok keduanya.


''Ini dua wanita inspirasi bagi kaum wanita. Perempuan yang luar biasa,'' tulis
akun Gusti Heni Endrawati pada akun medsos facebook Menteri LHK Siti Nurbaya,
Rabu (7/3).


''Dua wanita hebat yang dimiliki Indonesia,'' tulis akun Iswany Hendri. ''Duo candrakirana zaman now,'' tambah akun Darmae Nasir.


Pada pertemuan ini, Walikota Surabaya, Tri Rismaharini membawa dua topik
masalah yang dihadapi Pemerintah Kota Surabaya untuk dikonsultasikan dengan
Menteri LHK, Siti Nurbaya.


Pertama terkait perizinan (Lembaga Konservasi) Kebun Binatang Surabaya (KBS) dan kedua, terkait masalah Tempat Pembuangan akhir (TPA) di Kota Surabaya.Kedua persoalan tersebut langsung ditanggapi Menteri Siti Nurbaya dengan
memberikan arahan-arahan.


Menteri LHK berjanji akan membantu mengkoordinasikan dengan Perindustrian terkait penyelesaian pengadaan alat (TPA) tersebut. Postingan inipun dibanjiri respon dari netizen. Akun Doddy Yudhistira Adams menuliskan pesan pada Menteri Siti Nurbaya, memuji sosok Risma dalam hal penanganan sampah di Surabaya.


''Ibu Siti Nurbaya, beliau (Risma) adalah Wako yg sangat saya kagumi. Surabaya yg dulu terkenal kota kotor kini jadi kota bersih dan indah,'' puji Dody. Sementara akun Zudan Arif Fakhrulloh memuji respon cepat Siti Nurbaya
terhadap persoalan yang disampaikan Risma.''Saya percaya di tangan ibu Menteri Siti nurbaya, KBS Surabaya cepat selesai. Sdh terlalu lama Ibu mangkraknya,'' tulis Zudan.


Sosok Menteri perempuan di kabinet Jokowi ini memang dikenal responsif terhadap persoalan di tingkat tapak. Menteri Siti akan langsung mengirimkan tim kerja, bilamana menerima laporan persoalan yang terjadi di daerah. Berbagai laporan itu tidak hanya melalui jalur resmi pengaduan yang dimiliki KLHK, namun juga yang diterimanya melalui media sosial ataupun pesan di handphone.


Beberapa Kepala Daerah diundang beliau ke Manggala, apabila terdapat persoalan yang perlu ditindaklanjuti secara lebih serius. Pada beberapa kasus, beliau bahkan turun langsung ke daerah melakukan kunjungan kerja secara mendadak, untuk melihat kondisi lapangan dan mengurai persoalan mencari solusi bersama jajaran Pemda.


Siti Nurbaya juga dikenal sebagai Menteri yang tegas menerapkan UU terkait lingkungan, baik dalam bentuk kebijakan maupun penegakan hukum lingkungan. Saat ini beliau juga gencar dengan program kerja Perhutanan Sosial, sebagai salah satu terobosan baru mensejahterakan rakyat petani di sekitar kawasan hutan. Salah seorang netizen memberi apresiasi tentang sosok Menteri perempuan kabinet Jokowi yang memulai karirnya sebagai PNS di Provinsi Lampung ini.


''Aslmkm Bu Nur. Anda benar-benar hebat sepanjang ku kenal, sejak saya pernah
sekantor di Bimas Prop Lampung th 80-an...semoga sukses selalu dlm
menjalankan amanah,'' tulis akun Irmandani Iing Sukim.(*)

sumber: Biro Humas KLHK

Berita Terkait

Arsip Berita