Berita

Tanggal Terbit: 31-03-2024

Dirjen PKTL dan Para Pihak Berkolaborasi dalam Penanaman Pohon untuk Pemulihan Lingkungan



Pada hari Minggu, 31 Maret 2024, aksi nyata untuk menjaga lingkungan kembali dilaksanakan di wilayah Gunung Pamaton, Desa Kiram, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Kegiatan Penanaman Pohon yang dipimpin oleh Direktur Jenderal Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan (PKTL), Dr. Hanif Faisol Nurofiq, menyatukan sejumlah pihak penting untuk melaksanakan misi ini.

 

Turut hadir dalam kegiatan ini adalah Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan, Tahura Sultan Adam, BPTH Kalimantan Selatan, BPKHTL Wilayah V Banjarbaru, BPDAS Barito, PT. Adaro, dan berbagai stakeholder terkait lainnya. Lokasi penanaman yang dipilih berada di area KHDTK Universitas Lambung Mangkurat yang merupakan bagian dari wilayah Tahura Sultan Adam.

 

Dalam pidatonya, Direktur Jenderal PKTL menegaskan pentingnya kerjasama lintas sektor dalam menjaga lingkungan. Ia menyatakan bahwa pemulihan lingkungan tidak hanya menjadi tanggung jawab Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), namun juga tugas bersama yang melibatkan seluruh elemen masyarakat, mulai dari instansi pemerintah, mitra kerja, mahasiswa, hingga masyarakat umum. Hanya dengan bersatu, kita bisa mengatasi tantangan lahan kritis yang memerlukan perhatian kita bersama.

 

Kegiatan penanaman pohon ini bukan hanya sekadar tindakan simbolis, namun merupakan langkah konkret dalam upaya memulihkan ekosistem yang terganggu. Setiap pohon yang ditanam menjadi investasi bagi masa depan lingkungan, memberikan harapan akan kelestarian alam bagi generasi mendatang.

 

Dengan semangat kolaborasi dan komitmen yang kuat, para peserta kegiatan ini berharap bahwa aksi nyata seperti ini dapat menjadi contoh bagi wilayah lain di Indonesia. Bersama-sama, mereka membuktikan bahwa perlindungan lingkungan adalah tanggung jawab bersama yang tidak bisa diabaikan.

Pengunjung

Total

24471

Tahun ini

163

Bulan

30

Hari ini

2