Berita

Tanggal Terbit: 01-06-2023

KLHK Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023



Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melaksanakan upacara memperingati Hari Lahir Pancasila Tahun 2023, Kamis (1/6). Peringatan tahun ini, mengusung tema “Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global”. 

Sekretaris Jenderal KLHK Bambang Hendroyono bertindak sebagai inspektur upacara. Sesuai dengan tema, Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 menjadi momentum untuk bergotong royong membangun peradaban dan pertumbuhan global. 

"Tema ini mengajak kita untuk merenungkan dan menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Keceriaan, gotong royong dan persaudaraan harus selalu hadir dalam setiap tindakan kita. Dengan pemikiran ini kita dapat membangkitkan generasi yang kolaboratif, siap membantu membangun peradaban yang lebih baik dan memberikan dampak positif bagi pertumbuhan global," ujar Bambang saat membacakan sambutan Presiden RI Joko Widodo.

Peradaban yang maju dan berkelanjutan membutuhkan partisipasi aktif dari setiap individu. Kita tidak bisa mengandalkan hanya satu pihak atau kelompok untuk mencapai tujuan kita.
Melalui semangat gotong royong, kita dapat membangun landasan yang kokoh dan menyeluruh untuk mewujudkan peradaban yang adil dan lestari. 
Tidak hanya dalam kerangka nasional, gotong royong juga sangat penting dalam pembangunan global.

Di zaman yang semakin terhubung ini, negara-negara saling bergantung dan saling mempengaruhi. Kita harus bisa bekerja sama dengan negara lain untuk mengatasi tantangan global, seperti perubahan iklim, kemiskinan, dan ketidak setaraan. Melalui gotong royong, kita dapat mengatasi masalah ini bersama-sama dan menciptakan pertumbuhan yang berkelanjutan untuk seluruh dunia.

"Tanggung jawab ini ada di tangan kita. Mari semangat gotong royong menjadi bagian dari identitas dan kepribadian kita," katanya.

Terakhir, Bambang mengajak seluruh pemimpin bangsa untuk menjadi teladan dan contoh dalam aktualisasi nilai-nilai Pancasila. Mengajak seluruh masyarakat untuk bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia Maju, mewujudkan cita-cita Proklamasi Kemerdekaan.

Upacara ini diikuti oleh para Pejabat Pimpinan Tinggi Madya, Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator, pejabat fungsional, dan perwakilan dari masing-masing unit Eselon I KLHK.

Selamat memperingati Hari Lahir Pancasila. Selamat membumikan Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Salam Pancasila!

_________

Jakarta, KLHK, 1 Juni 2023

SIARAN PERS
Nomor: SP. 175/HUMAS/PPIP/HMS.3/06/2023

Pengunjung

Total

24365

Tahun ini

57

Bulan

24

Hari ini

1