Berita

Tanggal Terbit: 01-01-2024

Penanaman Serentak 7.500 Pohon di Kalimantan Selatan



KLHK melakukan penanaman pohon serentak di seluruh Indonesia. Hal ini sejalan dengan arahan Presiden Jokowi untuk melakukan penanaman pohon disepanjang musim penghujan 2023/2024. Penanaman pohon serentak di Provinsi Kalimantan Selatan, yang secara administratif berlokasi di Gunung Pamaton, Desa  Kiram Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar, telah dilaksanakan pada tanggal 30 Desember 2023. Lokasi penanaman merupakan areal KHDTK Universitas Lambung Mangkurat yang merupakan bagian dari wilayah Tahura Sultan Adam.

 

Kegiatan penanaman merupakan bagian dari rencana kegiatan rehabilitasi DAS PPKH PT Adaro Energy, yang pada musim kemarau yang lalu terbakar.

 

Acara dibuka oleh Dirjen PKTL mewakili Menteri LHK dan dihadiri oleh Gubernur Kalimantan Selatan, Pejabat Forkompinda Kalimantan Selatan, Kepala SKPD Provinsi Kalimantan Selatan, Pejabat Eselon 2 lingkup Ditjen PKTL, kepala UPT KLHK lingkup Provinsi Kalimantan Selatan, UPT KPH, BPTH, Tahura, Forum Komunitas Hijau, Rektor ULM, Pengelola KHDTK ULM, mahasiswa ULM, pemegang PPKH, pemegang PBPH dan peserta Green Ambassador Kalimantan Selatan. Jumlah seluruh peserta penanaman sebanyak 2.500 orang.  Dalam acara tersebut juga dilakukan penyerahan SK Green Ambassador dan penandatangan komitmen pemenuhan kewajiban PPKH dalam Deklarasi Pamaton.

 

Jenis tanaman yg ditanam adalah Mahoni, Eucalyptus dan Kayu Putih, dengan tanaman sela jenis Gamal. Total tanaman yg ditanam sebanyak 7.500 batang. Luas areal yg ditanam seluas 5 ha yang merupakan bagian dr rencana rehab DAS PT. ADARO seluas 321 ha.

 

Ditjen PKTL

Pengunjung

Total

24560

Tahun ini

252

Bulan

46

Hari ini

4