Berita

Tanggal Terbit: 23-04-2024

Rapat Koordinasi Penyusunan RPPLH: Langkah Penting Menuju Pembangunan Berkelanjutan



Jakarta, 23 April 2024 - Pada hari Selasa, 23 April 2024, Hotel Pullman di Jakarta menjadi saksi dari kegiatan penting dalam pembangunan berkelanjutan Indonesia. Sejumlah pejabat tinggi dari sektor energi dan sumber daya mineral serta lingkungan hidup berkumpul dalam "Rapat Koordinasi Dalam Rangka: Penyusunan Rancangan Peraturan Pemerintah Tentang Perencanaan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (RPP PPPLH)".

 

Dalam sambutannya, Direktur Jenderal Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan, Dr. Hanif Faisol Nurofiq, menyampaikan urgensi perencanaan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup yang memiliki landasan yuridis, filosofis, dan sosiologis yang kuat. Ditekankan pula bahwa Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 menjadi dasar utama dalam penyusunan RPP PPPLH.

 

Rapat ini juga mengulas amanat Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 yang memandatkan tiga hal utama sebagai basis penyusunan RPP PPPLH, serta proses penyusunan RPP PPPLH yang dimulai dari kegiatan inventarisasi lingkungan hidup hingga penetapan rencana perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.

 

Dalam konteks pengembangan energi dan sumber daya mineral, disoroti bahwa RPP PPPLH memiliki keterkaitan yang erat dengan sektor tersebut. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memiliki peran penting dalam menggunakan informasi yang dihasilkan oleh RPP PPPLH untuk mengembangkan kegiatan ekstraktif yang berkelanjutan.

 

Dr. Hanif Faisol Nurofiq juga menekankan bahwa RPP PPPLH memiliki manfaat besar bagi sektor energi dan sumber daya mineral, terutama dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan dan meningkatkan efisiensi serta produktivitas. Implementasi RPP PPPLH yang efektif diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi pembangunan berkelanjutan di Indonesia.

 

Rapat koordinasi ini juga diakhiri dengan penegasan komitmen dari Direktur Jenderal Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan untuk menyelesaikan penyusunan RPP PPPLH dengan sebaik-baiknya. Sinergi dari semua pihak diharapkan dapat mewujudkan regulasi yang berkualitas dan bermanfaat bagi bangsa dan negara.

 

Dengan demikian, rapat koordinasi ini tidak hanya menjadi momentum penting dalam upaya perlindungan lingkungan hidup, tetapi juga sebagai langkah konkret dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan di Indonesia. Semoga hasil dari rapat ini dapat memberikan dampak positif yang besar bagi masa depan bangsa dan negara.

Pengunjung

Total

24508

Tahun ini

200

Bulan

28

Hari ini

1